KANTIN KEJUJURAN

Irwan Nugroho – detikNews


Jakarta – “Allah Melihat, malaikat mencatat.” Tulisan dalam spanduk ini mencolok di kantin SMPN 80, Jakarta Timur. Inilah SMP pertama yang digarap Kejaksaan untuk proyek kantin kejujuran.

Sebelumnya kantin kejujuran baru menyentuh siswa SMA. Sejak diluncurkan Oktober 2008, sudah 8.000 kantin kejujuran tersebar di seluruh Indonesia. Semua tentu masih untuk tingkat SMA.

Kajati DKI Jakarta Andhi Nirwanto meresmikan kantin kejujuran pertama untuk tingkat SMP di SMPN 80 Jakarta Timur, Jalan Kayatun Trikora, Kompleks Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (6/3/2009).“Ini dalam rangka menyiapkan anak-anak kita sejak dini untuk berlaku jujur sehingga diharapkan pada saatnya nanti kalau mereka menjadi pemimpin telah tertanam watak jujur sehingga bangsa ini bebas dari korupsi,” kata Andhi.

“Di Jakarta ada 36 kantin yang kita resmikan. Untuk tingkat SMP baru pertama kalinya. Nanti akan kita kembangkan di seluruh wilayah Jakarta,” ujarnya.

Kalau tidak jujur bagaimana? tanya Andhi. Seorang guru menunjuk ke spanduk di kantin itu. Tulisan spanduk berbunyi “Allah Melihat, malaikat mencatat.”

Peresmian kantin kejujuran tingkat SMP ini disambut antusias. Usai senam bersama, murid dan guru menyantap bubur kejujuran. Bubur kacang ijo disajikan dalam gelas yang diberi tulisan “Bubur Kejujuran”. Siswa dan siswi tampak lahap memakan bubur itu.

Kantin kejujuran menjual aneka makanan dan minuman ringan. Selain itu, dijual sarapan seperti nasi goreng, burger yang masing-masing diberi harga. Pembeli mengambil sendiri barang yang diinginkan, mencatat barang yang dibeli pada buku pembelian, meletakan uang pembayaran di kotak uang, dan mengambil sendiri uang kembalian jika ada. (aan/iy)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: