‘Kecanduan SMS Berarti Sakit Otak’

Fino Yurio Kristo – detikinet
Ottawa – Gemar akan teknologi memang boleh-boleh saja. Namun jika terlalu kecanduan, bisa jadi Anda menderita penyakit otak tertentu.

Kesimpulan cukup mengerikan ini diambil oleh para peneliti Amerika Serikat (AS) yang mempublikasikan hasilnya di jurnal bergengsi, ‘The American Journal of Psychology’.

Dalam publikasi artikel itu, terlalu kecanduan SMS ataupun internet seharusnya dikategorikan sebagai sebuah penyakit otak. Menurut Dr. Jerald J Block selaku penelitinya, terdapat empat gejala di mana orang yang mengalami kecanduan teknologi bisa dikategorikan punya masalah kesehatan.

Pertama adalah adanya pemakaian berlebihan, depresi ketika terpisah dari perangkat teknologi, keinginan untuk terus menambah ‘dosis’, serta munculnya sikap seperti perilaku anti sosial.

Dr Block menggarisbawahi kasus yang terjadi di Korea Selatan (Korsel) di mana kecanduan internet telah jadi masalah serius. Ia memaparkan, sebanyak 210.000 kaum muda di Korsel mengalami kecanduan teknologi dan memerlukan perawatan.

Bahkan seperti dikutip detikINET dari Metro, Rabu (19/3/2008), Dr Block menandaskan bahwa sebagian dari mereka harus mendapat perawatan khusus untuk menyembuhkan kecanduannya akan teknologi. ( fyk / wsh )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: